Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Perkenalkan nama saya Resti Jumita Sari, S.Pd. , saya adalah salah satu guru sekolah dasar di kota Singkawang. Disini saya akan berbagi cerita mengenai sarana game edukasi menyenangkan yang telah saya laksanakan di kelas saya yaitu kelas 2.
Seperti yang kita ketahui bahwa kelas rendah masih berada dalam katagori tahap perkembangan operasi kongkrit, dengan menyelipkan permainan ditengah pembelajaran maka dapat menstimulasi indera serta mengembalikan konsentrasi siswa. Dalam hal ini saya menggunakan game edukasi untuk meningkatkan pemahaman anak terhadap materi pembelajaran serta meningkatkan motivasi anak dalam belajar. Apalagi ditambah saat ini adalah era merdeka belajar yang mengacu pada bakat dan minat peserta didik tentu hal ini harus diiringi dengan suasana belajar yang menyenangkan pula, maka dari itu saya menerapkan model pembelajaran game edukasi.
Sejauh yang sudah saya terapkan memberikan game edukasi ditengah pembelajaran, banyak sekali hal positif yang saya rasakan sebagai guru yaitu peserta didik dengan cepat memahami materi pembelajaran, suasana kelas yang kondusif, peserta didik aktif dan semangat dalam mengikuti pembelajaran. Tentu hal ini berdampak sangat baik untuk keberhasilan hasil belajar peserta didik. Dengan adanya game edukasi di tengah pembelajaran ini, peserta didik merasa pembelajaran yang ada seperti serasa mengikuti permainan bukan serasa belajar secara utuh, dengan demikian mereka merasa lebih tertarik, aktif dan merasa senang ketika pembelajaran berlangsung. Selain itu game edukasi ini juga merangsang daya pikir dan meningkatkan konsentrasi
Game edukasi yang sering saya gunakan misalnya kahoot, quizziz, wordwall serta masih banyak lagi game lainnya, untuk soal yang digunakan saya membuat soal sendiri yang berhubungan dengan materi pembelajaran yang saya sampaikan, selain dengan game edukasi saya juga seringkali membuat lagu yang bertemakan pembelajaran dengan menggunakan nada lagu anak - anak dengan mengubah lirik lagu tersebut dengan materi pelajaran yang bertujuan untuk merangsang minat belajar peserta didik, cara tersebut saya adaptasi dari media sosial kemudian saya modifikasi sesuai dengan kebutuhan kelas saya.
Dengan adanya game edukasi, belajar terasa lebih menyenangkan dan ketika melihat peserta didik bahagia menerima pelajaran yang kita sampaikan, ada rasa bahagia yang tidak dapat diungkapkan dengan kata - kata.
Guru kelas 2, Sdn 17 Singkawang
0 komentar:
Posting Komentar